Wednesday 27 December 2023, December 27, 2023 WIB
Last Updated 2023-12-28T01:53:05Z
Daerah

Perempuan Harus Menjadi Sosok Mandiri, Inovatif dan Tangguh Untuk Mewujudkan Mimpi Besarnya

Cibinong - Kabarberitanews.co.id
Bupati Bogor Iwan Setiawan didampingi Ketua TP-PKK Kabupaten Bogor Halimatusadiyah Iwan Setiawan lakukan kegiatan Peringatan Hari Ibu ke-95, yang berlangsung di Gedung Tegar Beriman. 

Erwan Suherwan selaku Kepala Bidang Perlindungan pemberdayaan perempuan dan pengarusutamaan gender (P4G) pada Dinas Pemberdayaan Perempuan, Perlindungan Anak, Pengendalian Penduduk dan Keluarga Berencana menjelaskan bahwa pada momentum hari Ibu yang ke 95 tahun 2023 menggelar berbagai kegiatan diantaranya Isbat Nikah, Talkshow dengan menghadirkan artis sekaligus Pengusaha Irma Dharmawangsa serta mengundang wanita - wanita hebat diantaranya pengemudi ojol wanita. 

Dalam Isbat nikah tersebut diikuti oleh puluhan pasangan pengantin yang beralamat di Kabupaten Bogor, kemudian pada saat Talkshow peserta yang hadir sangat antusias dan begitu bersemangat mengikuti kegiatan Talkshow tersebut. 

Hal itu dilakukan untuk memberikan jaminan legalitas pernikahan dengan memberikan akta nikah untuk melindungi hak yang sah dari pasangan suami istri terutama perempuan dan anak.

Itsbat nikah menjadi salah satu upaya meningkatkan kapasitas, memberikan perlindungan dan menyertakan hak-hak perempuan dan anak mengingat perempuan paling banyak dirugikan dalam pernikahan yang tidak tercatat, karena tidak dapat menuntut hak seperti nafkah dan waris, selain itu anak dari pernikahan siri juga akan kesulitan untuk mengurus akta kelahiran dan dokumen penting lainnya terkait masa depannya.

Oleh karena itu, Pemdakab Bogor bersama tujuh pemangku kepentingan terus berupaya meningkatkan perlindungan terhadap perempuan dan anak, serta peran wanita dalam pembangunan, melalui kebijakan, program kegiatan perlindungan, pemberdayaan, peningkatan kapasitas serta penyediaan hak perempuan dan anak, ucap Erwan. 

 “Saya harap kegiatan itsbat nikah ini semakin meningkatkan kesadaran masyarakat akan pentingnya mencatatkan dan meresmikan pernikahan di mata hukum untuk memberikan perlindungan hukum dan keadilan bagi masyarakat khususnya perempuan dan anak,” ungkap Erwan. 

Kepala Bidang Perlindungan, Pemberdayaan Perempuan dan Pengarusutamaan Gender DP3AP2KB Kabupaten Bogor, Erwan Suherwan menjelaskan, lsbat nikah terpadu ini sebagai upaya untuk memberikan perlindungan hukum, jaminan hukum dan keadilan bagi masyarakat khususnya kaum perempuan dalam pernikahan, untuk mewujudkan tertib administrasi kependudukan serta mendukung program ketahanan keluarga.

“Semoga dengan itsbat nikah terpadu ini dapat memfasilitasi masyarakat agar pasangan suami istri memperoleh status perkawinan secara hukum agama dan negara serta administrasi kependudukan seperti KTP, KK, Akta Kelahiran dan KIA,” imbuh Erwan. 

Pada bagian lain, Maya Widayanti Subkor Pemberdayaan Perempuan mengatakan bahwa wanita harus kuat, tangguh, berdaya dan berani mewujudkan mimpinya. mengajak seluruh perempuan Indonesia untuk mengapresiasi atas segala pencapaian yang diraih karena setiap perempuan adalah intan permata yang berharga bagi nusa dan bangsa sehingga patut untuk selalu dirayakan.

mengajak semua masyarakat khususnya kaum perempuan Indonesia untuk terus berkarya, mampu menjadi sosok yang mandiri, kreatif, inovatif percaya diri dan meningkatkan kualitas dan kapabilitas dirinya.

"Marilah kita sebagai sesama perempuan saling mendorong, saling menginspirasi dan saling membantu agar semakin kuat. Jika bersatu akan semakin kuat, untuk mendobrak stigma yang masih melekat pada kita. Sekarang adalah waktunya bagi perempuan untuk memberi warna tersendiri bagi pembangunan bangsa ini melalui peran dan karya nyatanyata, pungkas Maya. (Ayu/ Elis) 


  

Tag Terpopuler

Terkini