Thursday 10 March 2022, March 10, 2022 WIB
Last Updated 2022-03-10T10:13:11Z
Nasional

Pelatihan Daur Ulang Botol Plastik Bagi Kader TP.PKK.Kota Administrasi jakarta selatan.


Jakarta selatan. Kabarberitanews.co.id

Dalam rangka meningkatkan Terciptanya Lingkungan Bersih,Rapih Indah dan nyaman,Team TP. PKK Jakarta Selatan mengadakan salah satu agenda kegiatan kreatifitas Pelatihan daur ulang ,yang berasal dari olahan  limbah botol plastik bekas,menjadi sebuah karya inovatif berupa lampu lampion  yang dilaksanakan di kantor walikota Jakarta Selatan diJl. Prapanca Raya No.9, RW.1, Petogogan, Kec. Kby. Baru, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12170
Rabu,9 maret 2022..

Acara ini di Sponsori oleh Pt.Palyja  bekerjasama dengan Bob Novandy,seorang kreator dalam pembuatan Lampu Lampion yang berasal dari botol bekas,beliau juga merupakan salah satu anggota GENPPARI ( Gerakan Nasional Pecinta Pariwisata Indonesia ) juga dengan pihak penyelenggara acara yaitu istri walikota jakarta selatan ibu Essie Munjirin,yang juga ketua team penggerak  PKK jakarta selatan Serta  20 anggota Peserta PKK jakarta selatan.

Begitu besar tanggapan & Apresiasi ibu Essie sendiri terhadap pelatihan yang di laksanakan tersebut,karna hal ini mengarah dan meninjau kembali bagaimana limbah botol bekas dapat di jadikan salah satu kreatifitas ibu-ibu di rumah,tuk dapat di jadikan hal yang positif tentunya kreatifitas pembuatan lampu lampion serta dapat menciptakan kesejahteraan hidup melalui kreasi tersebut," ujar ibu Essie.

Materi yang disampaikan oleh Bob Novandy, ibu Essie mengungkapkan bahwa," sangat di butuhkan diwilayah jakarta selatan ini,serta dapat respon yang cukup bagus dari peserta yang hadir dan dapat bermanfaat ilmunya serta dapat mengurangi limbah sampah plastik di jakarta selatan juga dapat lebih berguna bahkan dapat di kembangkan di lingkungan mereka masing-masing," imbuhnya.

dalam hal ini tentunya akan memperkecil botol-botol bekas yang berserakan dijalan,dan botol tersebut dapat dijadikan sarana motivasi masyarakat untuk di jadikan produksi pembuatan lampu lampion yang dapat dijual sebagai ajang kreasi," Serunya.

Moment dari pelatihan daur ulang ini,Ketua PKK Jakarta Selatan ibu Essie berharap," dapat dilaksanakan dan terus berkelanjutan,Agar PKK jakarta selatan lebih bisa mengolah bahan limbah yang sudah tidak terpakai lagi,menjadi bahan yang lebih berguna serta agar ibu-ibu dapat menjadikan inovasi seperti apa dari bahan limbah itu agar dapat berguna kembali," Cetus ibu Essie. 

Mudah-mudahan pada moment tertentu,seperti hari lingkungan bersih,Ketua PKK Jakarta Selatan,ibu Essie akan mengadakan lomba yang berasal dari bahan botol bekas tersebut," tutupnya.

Harapan dari pelatihan ini,Bob Novandy,mengungkapkan bahwa", dapat di jadikan inspirasi,selain dari PKK,juga Karang Taruna,remaja masjid,agar nantinya jakarta selatan menjadi barometer, serta percontohan bagi jakarta yang lain," Ucapnya.

Sebagai Aktifis Peduli Lingkungan Jakarta,adalah beban moril bagi Bob Novandy,Bila Kepedulian terhadap Lingkungan ini terabaikan.dalam hal ini bob novandy,mengingatkan kembali pada kita bahwa ada 3 hal yang harus kita lakukan yaitu,Bersihkan sampah plastik, buatkan indrustri masyarakat kreatif,dan mengurangi masalah pengangguran,Bob Novandy juga berharap adanya kerjasama dengan pihak pemda jakarta selatan lebih luas lagi,dalam menjadikan Kota jakarta selatan lebih baik lagi," tutupnya.

Tanggapan dari ibu Upi mahludin sebagai wakil ketua 4, sekaligus koordinator Pokja 2,yang mewakili TP.PKK Jakarta Selatan, terhadap pelatihan ini berharap dapat menambah penghasilan ekonomi keluarga,dimana olahan tentang bahan bekas botol plastik dapat dibuat lampu lampion,Upi pun berharap pula dapat saling berkelanjutan,sehingga nantinya akan membentuk " APIK ",yaitu Aktif,Positif, Inovatif dan kreatif ," Ungkap Upi.

Dalam arahannya,Upi mahludin berharap,dengan pelatihan ini,ibu-ibu dapat meningkatkan ekonomi keluarganya dengan pengolahan limbah botol plastik ini.dan untuk peloporator acara pelatihan ini yaitu PALYJA, Upi Mahludin berharap kerjasama ini dapat terjalin secara berkelanjutan,di kegiatan lainnya," tutupnya. (Agus)

Tag Terpopuler

Terkini